Minggu, 03 Juni 2012

Pendakian ke Puncak Gunung “suci" Agung.

Narsis dulu ..

Peraturan Pendakian

Pos 1

Jalur dg kemiringan 75 derajat

Trio Kwek-kwek

Puncak

Kawah dg Relief keemasan

Semangat ..

Tak pernah terbayangkan sebelumnya bakalan mengunjungi Gunung ini. Gunung yang menurut kepercayaan orang2 Bali merupakan Gunung suci. Yaah adalah Mbak Santi yg bisa meracuniku untuk berangkat menuju ke Bali.

1 Maret 2012
Setelah perjalanan 12 jam naik mobil travel yg menurut saya amat sangat tidak nyaman, akhirnya Pkl 06.00 WITA saya menginjakkan kaki di Pulau Dewata Bali untuk yg kedua kalinya. Setelah ngehubungi Mbak Santi yg semalem udah nyampe duluan naek pesawat dr Jakarta (pesawat ?!?! enak bgt ya) dan dia bilang ga ada yg bisa ngejemput saya di Travel, dia nyuruh naik angkot dg tujuan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Dengan kesadaran otak saya menyusuri jalanan kota dan setelah tanya sana tanya sini, Finally sampe jg di tempat tujuan yg sudah ada Mbak Santi dan temannya satu lagi Mbak Mol dr Makassar nungguin saya. Setelah beristirahat sejenak tiba waktunya jalan-jalan (dengdong jalan-jalan, lht bule hahhha) di Pulau Dewata Bali dg tujuan Pantai Sanur, puas di Pantai Sanur lanjut lg ke Pantai Kute menikmati sunset (gempor2 dah ni kaki).
Yeeah tak ada hal yang paling indah kecuali jalan-jalan dikota orang :p :p :p. Tak terasa malam pun beranjak dan tiba waktunya balik ke sekret untuk beristirahat dan disana sudah nungguin pentolan-pentolan Mapala Bhuana Giri dengan jamuan khas Bali, ya ya ya apalagi klo bukan Arak Bali. Setelah berkenalan, briefing, ngobrol ngalor ngidul akhirnya tak terasa jam menunjukkan Pkl 02.00 WITA. Saya pun pamit tdr dg mereka (alesan pdhl udah mabuk :D) nyusul Mbak-mbak yg udah tepar duluan.

2 Maret 2012
Setelah bangun tdr seperti biasa Mbak-mbak berdua ini ngajakin jalan-jalan lg tp kaki saya seakan tak mau beranjak dr sekret dan akhirnya saya pun ditinggal sendirian. Drpd bengong sendiri kyk patung akhirnya ini kaki ngajakin jalan-jalan muterin kampus yg semuanya berada dalam satu lingkunagan mulai dr TK-SD-SMP-SMU-PERGURUAN TINGGI (emang pas lg jam belajar mengajar ga berisik apa ya hihhihihi). Puas jalan-jalan kaki ini mengisyaratkan untuk beristirahat di salah satu kantin yg ada dalam kampus ini. Mmmh mata pun langsung tertuju pada makanan khas Bali yg berbahan dasar Toge dan dikasih kuah pecel, nikmat ….
Sore pun tiba, kedua Mbak-mbak ini akhirnya dateng dr berburu bule eh oleh-oleh maksudnya :p dan disepakati malam kita jalan ke tempat tujuan yaitu Gunung Agung. Jalur yg kami pilih adalah jalur Pura Pasar Agung atau yg lebih dikenal dengan jalur Selat. Pertimbangannya adalah waktu tempuh lebih cepat dibanding jalur Pura Besakih. Dengan ditemani Dwix “Tompel” sang ketum, berangkatlah kami membelah dinginnya pagi kota Denpasar (24.00 WITA) dengan berkendara motor pinjeman, hahaha… sempet teriak2 karena digonggongin anjing & mogok di tanjakan.
Sekitar Pkl 02.00 WITA sampailah kami di basecamp (Pura Pasar Agung), beres2 sebentar, dan memulai perjalanan dengan berdoa.

3 Maret 2012
Mhhh, baru kali ini saya melakukan perjalanan start dari basecamp jam 2 pagi.. Sejenak beristirahat di POS I (satu2nya pos yg ada di jalur Selat). segelas kopi rame2 cukup menghangatkan tubuh kami.
Perjalanan kami lanjutkan. Jalur yg kami lalui adalah jalur batu-batu tajam tanpa bonus sedikitpun. Semakin mendekati puncak, kemiringan semakin tajam. Ini yg sempat membuat gemetar kaki dan tangan Mbak Santi.
Ahhhh, setelah melaui perjuangan yg cukup menguji nyali, akhirnya sekitar pukul 09.00 kami berhasil menggapai puncak yg berupa bebatuan besar (sayang banyak tangan orang2 bego yg mengotorinya) … plong dan lega, hilang letih semalaman ketika memutar pandangan ke segala arah. Disisi utara (menurut saya) laut Bali terlihat indah berkilauan… hamparan awan seputih kapas menghias langit maha sempurna. Relief keemasan kawah ada di bawah kami. Sungguh maha sempurna ciptaan-Nya..
Sejenak memanjakan mata & me-recharge tenaga. Tak lama kami turun karena info dari seorang guide, jam 11 pasti turun hujan. Setelah puas mengabadikan moment, kami pun turun menyusuri bebatuan terjal dengan semi perosotan. Benar juga, belum habis batas vegetasi, gerimispun menyambut. Sempat pula Mbak Santi histeris karena digigit pacet (dia kan paling takut sama makhluk yg satu ini hihiihi)…dan kira2 pukul 15.00 WITA sampailah kami di basecamp. Syukur Alhamdulillah…
Perjalanan dilanjut pulang menuju ke Universitas Mahasaraswati Bali. Tak disangka setelah setengah perjalanan hujan mengguyur kami dengan derasnya dan saya pun kehilangan Dwix gara2 tidak kelihatan. Bingung dg arah mana saya mau pulang, akhirnya dengan berlagak sok iye, tanya sana tanya sini dan ngikutin petunjuk jalan akhirnya Pkl 21.00 WIta saya pun tiba dg selamat di sekret bersama Mbak Santi.

4 Maret 2012
Pkl 05.00 WITA Mbak Mol yg udah bangun lebih dulu, berpamitan pulang menuju Makassar dg pesawat "Flight Early". Akhirnya Pkl 16.00 WITA mobil travel yg berbeda dr yg berangkat kmrn yg saya pesan sudah berada di depan kampus, tiba saatnya giliran saya untuk berpamitan dengan kawan-kawan dr Mapala Bhuan Giri.

Spesial Thank’s to : Allah SWT, Mapala Bhuana Giri, Mbak Santi, Mbak Mol.